Cara Mengajarkan Bangun Datar Part 1

Kemampuan prasyarat:

Pada sesi pembelajaran ini kemampuan prasarat yang sebaiknya dimiliki siswa adalah anak-anak sudah bisa membedakan antara bentuk benda secara keseluruhan dan permukaan sebuah benda. 

Media yang perlu dipersiapkan guru:

- Benda-benda yang memiliki permukaan persegi, persegi panjang, dan segi tiga.

- Lembar berikut ini yang diprin dalam selembar kertas perbangun datar.




Untuk memulai pembelajaran kali ini, anak-anak bisa diajak melakukan observasi lingkungan sekitar mereka, yakni kelas/sekolah. Sebagai informasi tambahan saja, anak-anak diberikan pengetahuan bahwa objek atau sebuah benda itu terdiri dari 1 dimensi, 2 dimensi, 3 dimensi, dan 4 dimensi.

1D = objeh hanya bisa bergerak maju mundur (bisa diperagakan di depan kelas).

2D = objek bisa bergerak maju mundur dan bergerak atas-bawah (bisa diperagakan di depan kelas).

3D = bisa bergerak maju-mundur, atas-bawah, dan menyamping (bisa diperagakan di depan kelas).

4D = bisa bergerak seperti 3D namun ketambahan dengan ruang dan waktu.

Materi inti, langkah-langkah:

1. Anak-anak diajak melakukan observasi benda yang dibawa guru yang memiliki permukaan persegi, misal dadu. Anak-anak diminta menyebutkan nama benda yang sedang dipegang guru, yakni dadu. 

2. Anak-anak diminta mengamati permukaan dadu berbentuk apa. Kemungkinan jawaban anak-anak: kotak.

3. Anak-anak diminta menggambar kotak (persegi) yang terbentuk.

4. Sambil anak-anak menggambar, guru menempelkan lembar persegi.

5. Di tengah-tengah anak-anak menggambar, anak-anak diminta memperhatikan lembar kertas yang sudah ditempel.

6. Anak-anak diminta fokus terlebih dahulu untuk memperhatikan penjelasan yang akan disampaikan guru.

7. Disampaikan kepada siswa tentang persegi, mulai dari nama bangun datar yang ditempel, sisi, dan sudut. Untuk bagian sisi, bisa disampaikan bahwa ketika anak-anak menggambar garis dengan pensil dan penggaris, itulah yang disebut sisinya.

8. Guru menuliskan keterangan sisi di kertas yang sudah ditempel.

9. Siswa diminta menghitung, berapa jumlah sisi dari persegi tersebut. Yakni ada 4.

10. Guru menunjukkan bagian sudut pada gambar, Yakni, bagian pojok2 dari bangun datar tersebut.

Untuk gambar persegi panjang dan segitiga bisa mengulangi langkah 1-10.


Langkah-langkah di atas apabila diaplikasikan ke dalam kelas kurang lebih catatan yang terbentuk adalah sebagai berikut. Catatan di papan tidak harus seperti ini, bisa bervariasi sesuai kreativitas guru di kelas.






 


Comments

Popular posts from this blog

Pengisian Schoolmate dengan Menggunakan iMacros

Cara Pengisian Rapot Online Schoolmate - SAERASEVEN

Materi Pembelajaran Numerik (Matematika) Kelas 5 SD