Monday, April 14, 2025

Rangkuman mater panjang mm, cm, dan m

 Pembuka

1. Anak-anak dijak diskusi terkait alat ukur yang pernah mereka pakai. 

    Jawab siswa yang diharapkan: penggaris, meteran, dll.






2. Anak-anak diminta menunjukkan alat ukur panjang yang dimiliki siswa yakni penggaris.

3. Anak-anak diminta bercerita terkait pengalaman mereka, yang pernah mereka lakukan ketika menggunakan penggaris (alat ukur panjang)

    Kegiatan yang diharapkan: beberapa anak bercerita terkait pengalamannya masing-masing.


Inti

4. Anak-anak diminta mengamati angka-angka yang ada pada penggaris, di mana angka-angka di sana memiliki jarak yang sama untuk menunjukkan ukuran panjang dari benda yang diukur.

5. Guru menyampaikan bahwa angka-angka di sana menunjukkan ukuran panjang dalam cm (centi meter) dan guru juga menunjukkan ada garis-garis kecil di antara angka yang tampak, nah garis2 kecil tersebut menunjukkan sebuah ukuran daam mm (mili meter)


6. Dengan penggaris yang mereka pegang. Anak-anak diminta menggaris beberapa garis dengan ukuran panjang:

1 cm, 2 cm, 3 cm, 4 cm, 5 cm hingga 10 cm

Apa manfaat dari instruksi ini? 

Memberikan pengalaman langsung ke anak-anak, bahwa yang dimaksud 1 cm panjangnya sekian, 5 cm panjangnya sekian dan seterusnya. Di mana dari situ anak-anak bisa melihat secara langsung perbedaan panjang anatara 2 cm dengan 5 cm, dan yang lain.


7. Setelah selesai dengan pengukuran cm. Anak-anak dikenalkan dengan pengukuran mm. Yakni anak-anak diminta mengukur dengan ukuran:



1 cm dan 15 mm

2 cm dan 26 mm

5 cm dan 52 mm 

supaya nampak perbedaan panjangnya anak-anak diminta menggambarnya secara atas dan bawah. Semisal garis 1 cm atas maka garis 15 digambar di bawahnya tepat.


8. Anak-anak diminta mengamati hubungan antara cm dengan mm. Yakni 1 cm = 10 mm (10 ruas garis mm).


9. Untuk mengenalkan meter, anak-anak bisa diminta menyusun beberapa penggaris hingga memanjang di lantai.

ini ilustrasi saja:


10. Anak-anak diminta menjumlahkan panjang keseluruhan dari penggaris yang sedang di susun.

Semisal yang terbentuk:

30 cm + 20 cm + 30 cm + 30 cm = 110 cm


11. Nah di situ menghasilkan angka 110 cm. Anak-anak diberikan penekanan bahwa nilai 100 cm itu bisa diartikan sebagai 1 meter.


12. Sehingga angka 110 cm bisa dibaca 1 meter lebih 10 cm.

13. Untuk aktivitas ini bisa diulang beberapa kali hingga anak-anak sudah terbiasa dengan istilah/paham ukuran meter.


Latihan untuk pemantapan

1. Sentimeter dapat ditulis singkat menjadi …

  1. cm
  2. m
  3. km

Jawaban: a. cm

2. Di bawah ini penggunaan satuan yang benar adalah …

  1. Panjang pensil 15 meter
  2. Panjang sawah 15 meter
  3. Panjang jalan 15 cm

Jawaban: b. Panjang sawah 15 meter

3. 100 cm = … meter

  1. 1
  2. 10
  3. 11

Jawaban: a. 1 meter

4. 500 cm = … m

  1. 15
  2. 10
  3. 5

Jawaban: c. 5 m

5. 4 m + 200 cm = … m

  1. 600
  2. 60
  3. 6

Jawaban: c. 6 m

6. 7 m – 6 m + 500 cm = … cm

  1. 800
  2. 600
  3. 500

Jawaban: b. 600 cm

7. Benda yang lebih panjang antara paku dengan pensil adalah …

Jawaban: Pensil

8. 5 m – 200 cm = … m

Jawaban: 3 m

9. 200 cm + 3 m – 100 cm = … cm

Jawaban: 400 cm

10. Tinggi badan Andri 175 cm, tinggi badan Hadi 185 cm. Selisih tinggi badan Hadi dan Andri adalah … cm .

Jawaban: 10 cm

11. Untuk mengukur panjang lapangan sepak bola menggunakan satuan …

Jawaban: meter (m)

12. 150 cm + 200 cm + 250 cm = … m

Jawaban: 6 m

13. Panjang penggaris Indah 40 cm, penggaris Dini 20 cm, dan penggaris Meta 30 cm. Jadi, panjang penggaris mereka apabila dijumlahkan yakni … cm.

Jawaban: 90 cm

14. Panjang rumah Doni 10 m, panjang rumah Dian 12 m. Panjang rumah Doni ditambah rumah Dian adalah … m.

Jawaban: 22 m

15. Ibu membeli 4 m kain di sebuah toko kain untuk membuatkan adik baju. Sisa kain ada 150 cm. Berapa cm kain yang diperlukan untuk membuat baju adik?

Jawaban: 250 cm

16. Ana membeli pita biru 5 m, pita hijau 3 m, dan pita ungu 400 cm. Berapa meter panjang pita yang dibeli Ana seluruhnya?

Jawaban: 12 meter

17. Hasan berjalan maju 500 cm dari rumah, kemudian ia berjalan mundur 2 m. Berapa cm jarak Hasan dengan rumahnya?

Jawaban: 300 cm

18. Untuk mengukur panjang sawah menggunakan satuan …

  1. km
  2. m
  3. cm

Jawaban: b. m

19. Dina mengukur panjang buku tulis menggunakan satuan …

Jawaban: sentimeter (cm)

20. 300 cm + 600 cm – 2 m = … m

Jawaban: 7 m

21. Panjang pita Leni 3 m, panjang pita Leli 250 cm , dan panjang pita Rani 2 m. Panjang pita mereka jika ditotal adalah … cm.

Jawaban: 750 cm

22. Ardi membeli tali 4 meter. Digunakan untuk mengikat sayur 2 meter dan digunakan untuk mengikat kayu 35 cm. berapa cm sisa tali Ardi?

Jawaban: 150 cm

23. Ukuran 1 meter sama dengan … sentimeter.

  1. 10
  2. 100
  3. 1000

Jawaban: b. 100

24. Ibu membeli kain merah dan putih. Panjang kain merah adalah 250 cm. Panjang kain putih adalah 125 cm. Berapa panjang semua kain yang dibeli ibu?

Jawaban: 375 cm

250 cm + 125 cm = 375 cm

25. Tinggi badan ayah adalah 172 cm. Tinggi badan ibu adalah 156 cm. Berapa selisih tinggi badan ayah dan ibu?

Jawaban: 328 cm

172 cm + 156 cm = 328 cm

26. 8 meter = … cm.

  1. 80
  2. 800
  3. 8000

Jawaban: b. 800 cm

27. Ratih mengukur pensil miliknya. Ratih mengukurnya dengan batang korek api. Satuan panjang yang digunakan Ratih adalah …

Jawaban: sentimeter (cm)

28. Riyan mempunyai pita dengan panjang 3 m. Panjang pita milik Riyan adalah … cm.

Jawaban: 300 cm

29. Risa mempunyai dua buah pita. Panjang pita biru adalah 75 cm. Panjang pita merah adalah 48 cm. Panjang pita milik Risa seluruhnya adalah …

Jawaban: 123 cm

30. Beta mempunyai tali dengan panjang 3 m. Dini mempunyai tali dengan panjang 200 cm. Bunga mempunyai tali dengan panjang 150 cm. Tali yang paling panjang dimiliki oleh …

Jawaban: Beta

Tali Beta 3 m = 300 cm

Tali Dini 200 cm

Tali Bunga 150 cm

31. Dini mempunyai pita dengan panjang 2 m. Bunga mempunyai pita dengan panjang 300 cm. Siapakah yang mempunyai pita lebih panjang? Siapakah yang mempunyai pita lebih pendek?

Jawaban: Yang mempunyai pita paling panjang adalah Bunga. Yang mempunyai pita paling pendek adalah Dini.

32. Sebutkan tiga satuan baku panjang!

Jawaban: sentimeter (cm), meter (m), kilometer (km)

33. Panjang tali Beta dua kali panjang tali Dini. Panjang tali milik Dini adalah 12 cm. Berapa panjang tali seluruhnya?

Jawaban: 24 cm.

12 cm + 12 cm = 24 cm





No comments:

Post a Comment