Cara Mengajarkan Perkalian 1-10 Untuk Anak SD Kelas 2

Sebelum melakukan pembelajaran perkalian 1-10 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah materi prasyarat yakni penjumlahan sudah dikuasai anak-anak dan perlengkapan yang dibutuhkan juga sudah tersedia.

Alat dan bahah yang dibutuhkan:

- Gelas plastik (boleh diganti benda lain)

- Pensil (boleh benda lain)


Materi  prasyarat:

- Penjumlahan hingga seratus.


Langkah-langkah:

1. Anak-anak diminta untuk memperhatikan gelas yang telah diisi dengan pensil di depan mereka.



2. Anak-anak diminta menggambar peraga yang dihadapan mereka, yakni gelas beserta pensil di dalamnya. Gambar tidak perlu bagus, disketsa saja sudah cukup. Harapannya siswa menggambar sebagai berikut:


3. Anak-anak diminta menjumlahkan seluruh angka yang sudah ditulis yakni:

3 + 3 + 3 + 3 = 12

4. Setelah semua anak-anak memahami maksud tersebut, yakni pola yang terbentuk didalam gelas dan isinya, 3+3+3+3=12. Anak-anak diberikan contoh lain untuk menguatkan pemahaman. Ini adalah pondasi untuk pengenalan perkalian pada penjelasan berikutnya.

5. Langkah 2 dan 3 diulang sehingga diperoleh pemahaman yang diharapkan adalah:


6. Anak-anak diminta menuliskan bentuk penjumlahannya yakni:

4+4+4+4+4=20

7. Dari dua contoh tersebut, anak-anak mulai diarahkan untuk menuliskan bentuk perkaliannya. 
Untuk contoh pertama :

3+3+3+3 = 4 x 3 atau 3 x 4

anak-anak divote untuk memilih salah satu diantara dua pilihan tersebut, mana yang mereka anggap benar. Setelah anak-anak menentukan pilihannya, anak-anak diajari cara mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan dengan 2 cara:
a. Membacanya dalam bahasa inggris
b. Membacanya sebagai bentuk "botol" (baca wadah) dan isinya.

7a. Untuk cara pertama membacanya dalam bahasa Inggris.

4 x 3 dibaca four times of three (empat kali dari 3, jadi 3nya sebanyak 4)
3 x 4 dibaca three times of four (tiga kali dari 4, jadi 4nya sebanyak 3)

Sehingga untuk bentuk di atas yang benar sesuai dengan pelafalan dalam bahasa Inggris adalah 4 x 3.

7b. Untuk cara 2: Botol dan Isinya


Dari gambar tersebut terlihat jumlah botolnya ada 4 dan isinya ada 3, ditulis di papan:


Dengan mengulang langkah 7b akan diperoleh:


Dari langkah-langkah semacam ini diharapkan siswa sudah memahami konsep dasar perkalian. Berdasar pengalaman pribadi selama mengajar, cara yang cukup efektif untuk mengenakan ke anak-anak adalah botol dan isinya. Jika masih ada anak yang belum paham, diberikan beberapa contoh lain hingga anak2 faham.

Penampakan ketika dijelaskan di kelas, kurang lebih seperti ini:















Comments

Popular posts from this blog

Pengisian Schoolmate dengan Menggunakan iMacros

Cara Pengisian Rapot Online Schoolmate - SAERASEVEN

Materi Pembelajaran Numerik (Matematika) Kelas 5 SD