Sebelum melakukan pembelajaran perkalian 1-10 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah materi prasyarat yakni penjumlahan sudah dikuasai anak-anak dan perlengkapan yang dibutuhkan juga sudah tersedia.
Alat dan bahah yang dibutuhkan:
- Gelas plastik (boleh diganti benda lain)
- Pensil (boleh benda lain)
Materi prasyarat:
- Penjumlahan hingga seratus.
Langkah-langkah:
1. Anak-anak diminta untuk memperhatikan gelas yang telah diisi dengan pensil di depan mereka.
2. Anak-anak diminta menggambar peraga yang dihadapan mereka, yakni gelas beserta pensil di dalamnya. Gambar tidak perlu bagus, disketsa saja sudah cukup. Harapannya siswa menggambar sebagai berikut:
3. Anak-anak diminta menjumlahkan seluruh angka yang sudah ditulis yakni:
3 + 3 + 3 + 3 = 12
4. Setelah semua anak-anak memahami maksud tersebut, yakni pola yang terbentuk didalam gelas dan isinya, 3+3+3+3=12. Anak-anak diberikan contoh lain untuk menguatkan pemahaman. Ini adalah pondasi untuk pengenalan perkalian pada penjelasan berikutnya.
5. Langkah 2 dan 3 diulang sehingga diperoleh pemahaman yang diharapkan adalah:
6. Anak-anak diminta menuliskan bentuk penjumlahannya yakni:
4+4+4+4+4=20
7. Dari dua contoh tersebut, anak-anak mulai diarahkan untuk menuliskan bentuk perkaliannya.
Untuk contoh pertama :
3+3+3+3 = 4 x 3 atau 3 x 4
anak-anak divote untuk memilih salah satu diantara dua pilihan tersebut, mana yang mereka anggap benar. Setelah anak-anak menentukan pilihannya, anak-anak diajari cara mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan dengan 2 cara:
a. Membacanya dalam bahasa inggris
b. Membacanya sebagai bentuk "botol" (baca wadah) dan isinya.
7a. Untuk cara pertama membacanya dalam bahasa Inggris.
4 x 3 dibaca four times of three (empat kali dari 3, jadi 3nya sebanyak 4)
3 x 4 dibaca three times of four (tiga kali dari 4, jadi 4nya sebanyak 3)
Sehingga untuk bentuk di atas yang benar sesuai dengan pelafalan dalam bahasa Inggris adalah 4 x 3.
7b. Untuk cara 2: Botol dan Isinya
Dari gambar tersebut terlihat jumlah botolnya ada 4 dan isinya ada 3, ditulis di papan:
Dengan mengulang langkah 7b akan diperoleh:
Dari langkah-langkah semacam ini diharapkan siswa sudah memahami konsep dasar perkalian. Berdasar pengalaman pribadi selama mengajar, cara yang cukup efektif untuk mengenakan ke anak-anak adalah botol dan isinya. Jika masih ada anak yang belum paham, diberikan beberapa contoh lain hingga anak2 faham.
Penampakan ketika dijelaskan di kelas, kurang lebih seperti ini:
Comments
Post a Comment