Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran
Pembukaan:
Jawaban yang diharapkan:
Anak-anak direview terkait materi yang sudah dipelajari saat kelas 4, 3, 2 terkait bangun datar, diantaranya:
(dalam penyebutan bangun datar di bawah ini, bisa diberikan pertanyaan pemantik: ayo bangun datar apa saja yang sudah kalian pelajari selama ini. Dan harapannya jawaban siswa adalah sebagai berikut-tidak harus urut seperti di bawah ini)
1. Persegi (digambar persegi pada papan tulis)
2. Persegi Panjang (digambar persegi pada papan tulis)
3. Jajar Genjang (digambar persegi pada papan tulis)
4. Belah Ketupat (digambar persegi pada papan tulis)
5. Trapesium (digambar persegi pada papan tulis)
6. Layang-layang (digambar persegi pada papan tulis)
7. Lingkaran (digambar persegi pada papan tulis)
8. Segi-3
Dari bangun datar yang sudah disebut di atas, anak dikaitkan dengan konsep segi banyak beraturan. Untuk menyebutkan lebih simpel segi banyak diubah segi-n beraturan.
Inti kegiatan:
Secara bertahap, anak-anak digiring pola pikir dari konsep segi-n dimulai dari segi-3, segi-4, dan seterusnya.
Pertanyaan pemantik:
- Segi-n, tidak ada segi-2, mengapa? (siswa diajak berfikir, mengapa tidak ada segi-2)
Harapan jawaban: karena, jika sisi yang hanya 2 maka tidak terbentuk sebuah bangun datar.
- Segi-3, siswa diajak menggambar di papan segi-3, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar segi-3 di papan tulis?"
- Segi-4, siswa diajak menggambar di papan segi-4, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar segi-4 di papan tulis?"
- Segi-5, siswa diajak menggambar di papan segi-5, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar segi-5 di papan tulis?"
- Segi-6, siswa diajak menggambar di papan segi-6, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar segi-6 di papan tulis?"
- Segi-7, siswa diajak menggambar di papan segi-7, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar segi-7 di papan tulis?"
- Lingkaran, siswa diajak menggambar di papan lingkaran, untuk membangkinkan semangat anak-anak. Siswa diberikan tantangan, "Siapa yang bisa menggambar lingkaran di papan tulis?"
- Tantangan terakhir, anak-anak diberikan chalange? Coba menggambar segi-4 beraturan di dalam lingkaran:
Penutup:
Siswa diajak mengingat kembali bentuk-bentuk bangun segi-n yang sudah dipelajari.
-
Comments
Post a Comment