Langkah Pembelajaran - Perbandingan

 A. Perubahan Dua Kuantitas

Untuk menyampaikan pemahaman kuantitas ini, siswa diberikan contoh case secara langsung:

Contoh 1:

Sebuah kardus berisi 100 biji lego. Lego tersebut dimasukkan ke sebuah kotak yang lebih kecil sebanyak 20 biji, maka berapa sisa lego yang ada di dalam kardus?

Untuk menyelesaikan contoh soal tersebut, diberikan ilustrasi sebagai berikut:

Penyelesaian  yang ditekankan adalah pola berfikir jika satu sisi berkurang maka mempengarhi jumlah awal yang total keseluruhannya tetap. Secara matematis mengikuti pola:

A = B + C atau C = A - B

Pola rumus A, B, C di atas tidak perlu disampaikan kepada siswa, cukup ditekankan dalam benak logikan mereka.


Salah satu contoh penyampaian: jika jumlah kardus besar 100 biji, diambil 20, maka yang tersisa adalah 100-20 = 80 biji.


Jika siswa sudah menangkap maksud dari logika tersebut, maka diberikan tantangan sedikit lebih komplek dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Dengan bekal logika yang sudah diberikan, anak-anak diminta untuk mengisi kotak-kotak yang kosong. Untuk memicu semangat anak-anak, bisa dibuat kompetisi antara anak laki-laki yang warna biru dan perempuan warna merah.

Harapan jawaban siswa:


Dari penjeleasan di atas, di tanyakan kepada siswa-siswa apakah mereka sudah bisa memahaminya atau masih butuh tambahan latihan, jika dirasa masih kurang memahami, bisa diberikan tambahan latihan, semisal sebagai berikut:






 

Comments

Popular posts from this blog

Pengisian Schoolmate dengan Menggunakan iMacros

Cara Pengisian Rapot Online Schoolmate - SAERASEVEN

Materi Pembelajaran Numerik (Matematika) Kelas 5 SD