Langkah-langkah Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Pecahan
Samahalnya dengan penjumalahan dan pengurangan pecahan, pada pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan pun anak-anak langsung diajarkan bagaimana menyelesaikan perkalian dua buah pecahan melalui contoh-contoh sederhana.
A. Perkalian Pecahan
Langkah 1.
Berikan contoh sederhana perkalian dua buah pecahan yang sederhana:
Langkah 2:
Penyelesaian di papan tulis berikan perbedaan warna seperti di bawah ini dalam menjelaskan kepada siswa. Kata kuncinya adalah "Atas dengan atas, bawah dengan bawah", tanpa menggunakan istilah "penyebut dan pembilang"
Untuk memantapkan pemahaman siswa bisa diberikan contoh lain, semisal:
Untuk penyelesaian dari contoh di atas, dijelaskan cara menyelesaikannya masih sama dengan penjelasan di atasnya. Jika dirasa masih belum mantab, bisa diberikan contoh lain yang disesuaiakan dengan kemampuan siswa di kelas. Hindari angka-angka yang menghasilkan hasil kali yang cukup besar.
B. Pembagian Pecahan
Untuk penjelasan pembagian, hanya diberi penekanan "cara penyelesaiannya sama dengan perkalian hanya ditambah 1 langkah di awal".
Langkah 1:
Contoh soal
(1) Tekankan mengubah tanda bagi (:) menjadi tanda kali (x).
(2) Pecahan setelah tanda bagi, dibalik dengan kata kunci : "atas jadi bawah, bawah menjadi atas" tanpa menyebut istilah pembilang penyebut.
(3)-(4) Beri penekanan penyelesaiannya sama seperti perkalian.
Untuk penyelesaian dari contoh di atas, dijelaskan cara menyelesaikannya masih sama dengan penjelasan di atasnya. Jika dirasa masih belum mantab, bisa diberikan contoh lain yang disesuaiakan dengan kemampuan siswa di kelas. Hindari angka-angka yang menghasilkan hasil kali yang cukup besar.
Tantangan opsional jika dirasa anak-anak mulai memahaminya dengan baik:
Comments
Post a Comment