Menyelaraskan kebutuhan murid dengan Tujuan Pembelajaran



Tujuan pembelajaran merupakan capaian peserta didik yang sudah ditetapkan di tingkat satuan pendidikan dan akan dicapai di akhir unit/materi/modul ajar. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat dicapai melalui adanya praktik diferensiasi konten, proses atau produk.

Pada video ini, tujuan pembelajaran per kelompok merupakan contoh tujuan pembelajaran dalam satu/beberapa pertemuan yang dapat dilakukan oleh pendidik, dalam upaya menyesuaikan kebutuhan peserta didik sesuai dengan pemetaan di awal pembelajaran.

Video ini menampilkan contoh kegiatan diferensiasi dalam satu/beberapa pertemuan. Untuk melihat contoh rencana pembelajaran secara utuh, silakan dapat mengakses tautan berikut ini.


*Penjelasan terkait diferensiasi konten, proses dan produk dapat di akses pada Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi, hlm 54 - 57

**Asesmen diagnostik adalah asesmen awal pembelajaran.



Referensi:

1. Nordlund, Marcei. 2003. Meeting the Educational Needs of All Students in Your Classrom. Lanham, Maryland, and Oxford: The Scarecrow Press

2. Tomlinson, Carol. 2010. Leading and Managing a Differentiated Classroom. Virginia: ASCD

Comments

Popular posts from this blog

Pengisian Schoolmate dengan Menggunakan iMacros

Cara Pengisian Rapot Online Schoolmate - SAERASEVEN

Materi Pembelajaran Numerik (Matematika) Kelas 5 SD