Lang-langkah :
> Menjelaskan Garis dan Ruas Garis.
1. Guru menggambar sebuah garis sembarang.
2. Guru menunjukkan pada siswa yang sedang digambar di papan itu namanya garis. Garis sendiri ditunjukkan dengan goresan lurus (bisa melengkung, tapi tidak diajarkan dulu) yang ujungnya tak terbatas dengan diwakili gambar panah di kedua ujungnya. Kemudian memberinya nama, misal garis k (pakai huruf kecil).
3. Guru menggambar 2 buah titik di dalam garis tersebut, dan memberinya label A dan B. Kemudian diberikan penekanan pada anak bawa, antara A dan B itu disebut "ruas garis". Jadi ruas garis adalah bagian kecil dari sebuah garis.
(siswa diberikan kesempatan mencatat dan bertanya atas penjelasan guru). Penjelasan tersebut bisa diulang sebanyak 2 bahkan lebih, menyesuaikan kondisi kelas.
> Menjelaskan Perpotongan Dua Buah Garis.
5. Guru menggambar 2 buah garis pada papan tulis, dan diberi nama misal garis k dan l. (diberikan penekanan bahwa nama garis memakai huruf kecil).
6. Siswa diminta memperhatikan gambar yang ada di papan.
7. Siswa diminta mengamati gambar, ketika guru membuat dua buah garis, kemudian terjadi perpotongan. Apa yang terbentuk?
Harapan jawaban: Titik perpotongan > dinamakan titik sudut
menyebut ada 4 sudut.
Jika siswa masih blank, karena memang belum tahu.
Guru menggiring pikiran siswa, dengan guru menunjuk pada titik sudut dan menjelaskan bahwa itu adalah titik sudut.
Kemudian guru menunjukkan salah satu sudut yang terbentuk, dan diberikan penekanan bahwa itu adalah sudut.
Kemudian guru memancing siswa, apakah ada lagi sudut lain yang terbentuk?
Sambil dibimbing guru, siswa ditunjukkan 3 sudut yang lain.
Guru menanyakan siswa apakah ada yang masih bingung?
Jika ada maka, langkah 5-7 diulang untuk memberikan pemahaman yang lebih kuat.
Siswa diberi kesempatan menulis/mencatat.
> Menjelaskan 3 garis yang saling berpotongan.
- Guru menggambar 3 buah garis yang berpotongan.
(gambar di atas harusnya belum ada titiknya)
- Siswa diminta memperhatikan gambar yang ada di papan.
- Siswa digiring dengan pertanyaan, jika ada 3 garis yang berpotongan seperti ini, apa yang terbentuk?
- Harapan jawaban siswa: Segitiga, 3 titik sudht, sudut. Fokus guru cukup pada gambar segitiga dan 3 titik sudut saja.
Untuk topik ini tidak perlu penjelasan panjang lebar, cukup siswa faham jika 3 garis berpotongan mebentuk bangun segitiga. Jika anak faham maka sudah cukup.
Siswa diberi kesempatan mencatat.
Secara keseluruhan kurang lebih pelaksanaan di kelas saya seperti ini:
No comments:
Post a Comment