Monday, May 5, 2025

Waktu dan Durasi

Pendahuluan:

Persiapan. 

Siswa diperlihatkan gambar jam dinding:


Akan lebih baik jika gambar tersebut dicetak (print) sehingga setiap sesiwa bisa melihat secara langsung dari dekat.

- Anak-anak diminta untuk memperhatikan angka-angka yang ada pada jam tersebut yakni dari angka 1 sampai 12.

- Anak-anak juga diminta memperhatikan garis-garis kecil diantara angka, semisal antara angka 1 dan 2 ada 4 buah garis kecil.

- Anak-anak juga diminta memperhatikan jarum jam yang ada pada jam tersebut, yakni jarum jam pendek menunjukkan waktu jam, panjang (hitam) menunjukkan menit dan panjang (merah) menunjukkan detik.


Kegiatan Inti.

- Anak-anak diberikan pemahaman bahwa angka 1 - 12 pada jam dinding menunjukkan waktu jam (besaran waktu jam) 




gambar 1


contoh: Jam 1, maka jarum pendek mengarah pada angka 1.

            Jam 5, maka jarum pendek mengarah pada angka 5.


- Setelah anak-anak memahami konsep jam, langkah selanjutnya memberikan pemahaman menit.

- Anak-anak diminta fokus pada garis-garis kecil di antara angka.

- Siswa diberikan pemahaman bahwa setiap lompatan antar garis itu bernilai 1 menit.

- Sehingga dari angka 12 ke angka 1, lompat 5 kali, bernilai 5 menit, jika dilanjut ke angka 2, dari angka 1 ke angka 2 juga bernilai 5 menit dan seterusnya. Sehingga total jika berputar 1 putaran penuh 1 jam = 60 menit.




gambar 2


- Untuk pemahaman awal, anak-anak ditekankan pada angka-angka yang mudah dipahami anak, semisal dimulai dari angka 15 menit, 30 menit, 45 menit dan 60 menit.




gambar 3


- Jika fase kelipatan 15 sudah faham baru masuk ke fase kelipatan 10, yakni 10, 20, 30, ... 60.




- Jika masih memungkinkan bisa ditingkatkan kepada kelipatan 5 menit. 


Sebagai pemantapan bisa diberikan soal seperti ini:





No comments:

Post a Comment