Pendahuluan:
Persiapan.
Siswa diperlihatkan gambar jam dinding:
Akan lebih baik jika gambar tersebut dicetak (print) sehingga setiap sesiwa bisa melihat secara langsung dari dekat.
- Anak-anak diminta untuk memperhatikan angka-angka yang ada pada jam tersebut yakni dari angka 1 sampai 12.
- Anak-anak juga diminta memperhatikan garis-garis kecil diantara angka, semisal antara angka 1 dan 2 ada 4 buah garis kecil.
- Anak-anak juga diminta memperhatikan jarum jam yang ada pada jam tersebut, yakni jarum jam pendek menunjukkan waktu jam, panjang (hitam) menunjukkan menit dan panjang (merah) menunjukkan detik.
Kegiatan Inti.
- Anak-anak diberikan pemahaman bahwa angka 1 - 12 pada jam dinding menunjukkan waktu jam (besaran waktu jam)
gambar 1
contoh: Jam 1, maka jarum pendek mengarah pada angka 1.
Jam 5, maka jarum pendek mengarah pada angka 5.
- Setelah anak-anak memahami konsep jam, langkah selanjutnya memberikan pemahaman menit.
- Anak-anak diminta fokus pada garis-garis kecil di antara angka.
- Siswa diberikan pemahaman bahwa setiap lompatan antar garis itu bernilai 1 menit.
- Sehingga dari angka 12 ke angka 1, lompat 5 kali, bernilai 5 menit, jika dilanjut ke angka 2, dari angka 1 ke angka 2 juga bernilai 5 menit dan seterusnya. Sehingga total jika berputar 1 putaran penuh 1 jam = 60 menit.
gambar 2
- Untuk pemahaman awal, anak-anak ditekankan pada angka-angka yang mudah dipahami anak, semisal dimulai dari angka 15 menit, 30 menit, 45 menit dan 60 menit.
gambar 3
- Jika fase kelipatan 15 sudah faham baru masuk ke fase kelipatan 10, yakni 10, 20, 30, ... 60.
- Jika masih memungkinkan bisa ditingkatkan kepada kelipatan 5 menit.
Sebagai pemantapan bisa diberikan soal seperti ini:
No comments:
Post a Comment